Selasa, 22 Mei 2012

Kelestarian Hutan (Permasalahan Hutan)

D. Permasalahan yang Terjadi pada Hutan
Di zaman sekarang ini, banyak sekali permasalahan yang menyangkut tentang kelestarian hutan. Banyak tangan – tangan jahil manusia yang merusak kelestarian hutan. Berikut ini adalah beberapa contoh permasalahan yang terjadi pada hutan, yaitu sebagai berikut.
1)       Penebangan Hutan secara Liar
Penebangan hutan secara liar adalah salah satu masalah yang sangat sulit untuk diselesaikan. Penebangan illegal ini adalah masalah besar yang terjadi di dunia, terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali terjadi penebangan hutan secara liar. Ironisnya penebangan illegal tersebut dilakukan oleh masyarakat Indonesia sendiri. Bahkan mereka sama sekali tidak mendapatkan hukuman terhadap apa yang mereka lakukan.
Penebangan hutan biasanya dilakukan karena beberapa faktor, salah satunya karena kapasitas perusahaan pemotong kayu yang berlebihan. Hampir setiap tahunnya jumlah hutan menurun sangat drastis, bahkan luas hutan pun ikut menurun setiap tahunnya.
Dampak dari penebangan hutan itu sendiri, dapat kita rasakan sekarang ini. Bumi kita ini sudah semakin panas. Pemanasan global sudah mulai meninggi. Selain itu kalau musim kemarau datang, kita akan mendapatkan dampak yang sangat tinggi, seperti kekurangan air. Maka dari itu kita harus bisa menjaga kelestarian hutan, jangan melakukan hal yang dapat merusak hutan. Penebangan hutan boleh saja dilakukan asalkan di tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah dan jangan dilakukan dalam jumlah yang besar- besaran. Hal itu akan menyebabkan jumlah hutan akan semakin menurun.
2)    Pengalihan Fungsi Hutan
Hutan yang merupakan sumber alam yang sangat tinggi jumlahnya. Pengalihan fungsi hutan adalah salah satu permasalahan hutan yang harus diselesaikan dengan baik. Pengalihan fungsi hutan sering dilakukan oleh masyarakat bahkan pemerintahan juga ikut ambil dalah permasalaha ini. Pengalihan fungsi hutan adalah suatu pengubahan fungsi dari hutan itu yaitu sebagai sumber daya alam, menjadi fungsi lain yang bermanfaat bagi manusia. Salah satu contoh dari pengalihan fungsi hutan yaitu pengalihan fungsi hutan menjadi perkebuna atau lahan pertanian. Alasan mengubah hutan menjadi lahan pertanian karena lahan pertanian yang sebelumnya sudah tidak berfungsi lagi.
Selain itu juga terjadi pengalihan fungsi hutan menjadi lahan perkotaan ataupun hunian mahal. Semua itu dilakukan karena terjadinya peningkatan jumlah penduduk yang membuat lahan perkotaan yang ada menjadi kurang.
Pengalihan fungsi hutan sebaiknya tidak harus dilakukan. Pengalihan fungsi hutan ini juga dapat memberikan dampak yang sangat tinggi bagi kehidupan manusia. Kalau hutan sudah diubah fungsi, lalu siapa yang akan menggantikan hutan menjalankan fungsinya. Maka dari itu kita harus bisa menjaga hutan.  Jangan sampai karena kesalahan kita menghancurkan hutan, akhirnya malah kita yang akan merasakan dampaknya.

2 komentar:

  1. bl0g mu keren !! aku salut!! i like it!! temanya juga bagus!! add me please!!

    BalasHapus
  2. pokok nya! saranku.. buat lah blog tentang cara buat blogyg keren! sip lah!! klo tema yg lain juga gpp lah!

    BalasHapus