Selasa, 22 Mei 2012

Kelestarian Hutan (Pengertian Hutan)

.  Pengertian Hutan
Hutan merupakan salah satu mukzizat dari Tuhan YME. Hutan adalah tempat kehidupan bagi hewan ataupun tumbuhan.  Hutan sendiri secara harfiah diartikan sebagai sebuah kawasan yang ditumbuhi dengan lebat oleh pepohonan dan tumbuhan lainnya. Hutan merupakan suatu ekosistem yang sangat penting bagi hewan, tumbuhan, ataupun manusia. Hutan terdapat di seluruh dunia. Semua Negara yang ada di bumi ini, pasti memiliki hutan.
Hutan memiliki beberapa fungsi, salah satunya sebagai tempat untuk hidup hewan. Bagi manusia sendiri, hutan adalah salah satu hasil alam yang sangat berharga. Hal itu dikarenakan hutan memiliki sumber daya alam yang sangat berlimpah. Salah satu sumber daya alam yang dihasilkan yaitu kayu. Kayu bagi manusia sangat bermanfaat, kayu banyak digunakan oleh manusia sebagai salah satu bahan yang paling penting bagi pembuatan tempat tinggal (rumah). Selain kayu, masih banyak lagi sumber daya alam yang dimiliki hutan, seperti beberapa tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai makanan ataupun sebagai obat.
Selain sebagai penyedia sumber daya alam, hutan juga memiliki fungsi yang lain, yaitu sebagai penyedia air dan penghasil oksigen. Sebagai fungsi penyedia air bagi kehidupan, hutan merupakan salah satu kawasan yang sangat penting karena hutan adalah tempat tumbuhnya berjuta tanaman. Air yang terdapat ditumbuhan di kawasan hutan dapat dimanfaatkan baik oleh manusia maupun fauna yang terdapat di hutan. Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia, karena hutan merupakan unsur yang penting sebagai penghasil oksigen. Oksigen sendiri adalah udara yang penting bagi kehidupan seseorang. Tanpa oksigen manusia tidak akan bisa hidup. Sehinggan hutan sangat berjasa bagi kehidupan manusia dan juga merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar